12 Maret 2008


Terkadang manusia itu hidup ada yang empunyai tujuan maupun tidak, dengan kata lain orientasi untuk menjalani hidup. Dilihat dari segi orientasinya, manusia dapat digolongkan menjadi 4 tipe. Apa sajakah tipe-tipe itu?


Tipe yang pertama adalah tipe manusia yang berorientasi hanya pada dunia saja.
Tipe ini sering sekali menjalankan segala sesuatu yang bersifat duniawi saja tanpa mempedulikan akhirat. Biasanya orang-orang seperti ini adalah orang yang lupa akan Tuhannya yang menciptakan langit dan bumi serta segala yang ada di dalamnya. Mereka berbuat sekehendak hatinya sendiri.

Tipe yang ke dua adalah tipe manusia yang menggunakan dalih akhirat untuk mendapatkan kesenangan duniawi.
Tipe ini bisa juga disebut sebagai orang munafik. Mereka berkata dan berbuat seolah-olah berorientasi pada akhirat namun tujuan sebenarnya hanyalah mengejar kesengangan duniawi saja. Contoh nyata dari tipe ini adalah orang yang mempunyai sikap Riya' dan hanya menginginkan orang lain megetahui kebaikkanya.

Tipe yang ke tiga adalah tipe manusia yang bekerja secara duniawi tapi berorientasi pada akhirat.
Biasanya manusia yang mempunyai tipe seperti ini antara kehidupan duniawinya dan akhiratnya seimbang. Mereka bisa mengendalikan hawa nafsu dan emosi serta tidak ingin kebaikkannya disebut-sebut oleh orang lain. Dalam mengerjakan sesuatu yang bersifat duniawi, mereka tidak megharapkan apapun selain ridho Alloh semata.

Dan tipe yang terakhir adalah tipe manusia yang berorientasi pada akhirat saja. Mereka tidak mementingkan kehidupan duniawi. Yang ada di benak mereka adalah bagaimana caranya untuk menghabiskan hari-harinya untuk beribadah kepada Alloh. Mereka kurang peduli terhadap lingkungan sekitar dan hanya melihat suatu permasalahan itu sebagai ibadah ato bukan.

Itu tadi 4 tipe manusia jika dilihat dari bagaimana orientasinya hidup di dunia. Satu hal yang patut kita renungkan adalah "BILA ENGKAU MENCARI DUNIA MAKA DUNIA SAJA YANG AKANKAU DAPATKAN, NAMUN BILA AKHIRAT YANG KAU CARI MAKA INSYAALLOH DUNIA DAN AKHIRAT AKAN KAU DAPATKAN".

Selalu semangatlah saudaraku, Alloh selalu bersama kita...


0 komentar:

About Me

Foto Saya
by : Razin
Twitter : www.twitter.com/RazinOnline Facebook : razinrzn
Lihat profil lengkapku

Bisnisku