04 Januari 2008

Menulis bukanlah hal yang baru dalam kehidupan manusia saat ini. Sebagian besar dari kita(manusia modern) melakukan kegiatan ini setiap hari, mulai dari menulis pesan singkat(sms), mencatat materi yang disampaikan dosen/guru, membuat catatan harian, laporan, artikel, buku hingga menulis naskah cerita. Bahkan beratus-ratus tahun sebelum masa penjajahan, manusia telah mengenal tulisan dan telah melakukan kegiatan menulis. Hal ini terbukti dengan ditemukannya tulisan hierogliph di Mesir, tulisan Arab Kuno di Jazirah Arab, tulisan Pallawa di daerah Melayu, dan masih banyak lagi.


Memasuki tahun 2008 persaingan di dunia kerja maupun di bidang kehidupan yang lain semakin keras dan ketat. Hanya orang yang bisa mengekspresikan dirinya dan mempunyai ketrampilan spesifik yang akan tetap eksis dalam ketatnya persaingan hidup. Salah satu solusi dari permasalahn ini adalh dengan memulai belajar menulis.

Kenapa belajar menulis? Dimana kita bisa belajar menulis?

Mungkin kita bertanya-tanya mengapa kita perlu belajar menulis padahal kita sudah bisa dan mampu menulis sejak kita duduk di bangku sekolah dasar (SD). Yang dimaksud belajar menulis disini bukanlah belajar untuk merangkai huruf menjadi kata, kata menjadi kalimat, kalimat menjadi paragraf seperti yang diajarkan bapak/ ibu guru sewaktu SD dulu. Belajar menulis disini lebih dimaksudkan menulis secara terarah dan sistematis, kontinyu. Selain itu belajar menulis juga mencakup bagaimana mendapatkan ide yang mengalir, bagaimana membuat tulisan yang menarik dan tidak membosankan dan masih banyak lagi.

Dijaman teknologi informasi seperti saat ini tentunya tidak sulit untuk kita menemukan media yang baik untuk belajar menulis. Salah satunya adalah melalui dunia maya/ internet yaitu di www.www.belajar menulis.com

Keberadaan situs ini dirintis oleh Jonru seorang penulis, blogwriter, internet marketer, dan seorang writerpreneur yang sukses. Dan situs ini dilatarbelakangi kepedulian terhadap masyarakat yang ingin menjadi penulis sukses, baik itu sebagai penulis buku, novel, cerpen atau penulis skenario.

Di situs BelajarMenulis.com ini menawarkan program Balajar Menulis Jarak Jauh. Program tersebut merupakan semacam program sekolah menulis secar online yang dipandu oleh para penulis buku dan artikel senior dan profesional. Selain itu di situs BelajarMenulis.com juga menawarkan cara-cara menerbitkan buku, juga ada bisnis untuk penulis. Benar-benar situs yang tidak hanya memberikan pelatihan menulis saja tetapi juga menawarkan kerjasama bagi para penulis. Namun sayang, ada beberapa kekurangan dari situs ini, yaitu pada bagian tampilan grafisnya yang apabila dilihat sekilas terlalu sederhana seperti sebuah blog bukan seperti situs yang profesional. Selain itu kurang memberikan ruang untuk komunikasi antar pengunjung seperti forum, dll.

Setelah belajar menulis dengan baik tentunya timbul keinginan untuk segera membuat karya/ tulisan dengan baik pula sehingga kita bisa mengekspresikan diri dan mempunyai ketrampilan yang spesifik.

Mengekspresikan diri erat kaitannya dengan keberadaan seseorang dalam pandangan orang lain. Orang yang bisa mengekspresikan diri melalui karya yang nyata maka dia telah menunjukkan dan membuktikan bahwa dia pernah ada di dunia. Masyarakat Mesir Kuno misalnya, mereka menghasilkan karya nyata berupa tulisan hierogliph sehingga orang-orang pada saat ini menganggap dan megakui bahwa masyarakat Mesir Kuno benar-benar ada meskipun mereka tidak menyaksikan secara langsung seperti apa masyarakat Mesir Kuno itu.

Secara otomatis setelah kita mengetahui bagaimana belajar menulis yang baik itu, maka dengan sedikit ketelatenan secara tidak sadar kita telah mempunyai ketrampilan yang tidak semua orang bisa memilikinya, yaitu ketrampilan menulis.


Dengan keberadaan kita diakui orang lain dan kita juga mempunyai ketrampilan yang spesifik, maka tidaklah sulit untuk tetap eksis dalam persaingan di bidang apa saja. Jadikan menulis sebagai budaya dan segeralah raih kesuksesan menjadi penulis...

Selamat menulis dan selamat berkarya...!!!

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Salah seorang sastrawan besar Indonesia, Pramoedya Ananta Toer, dikenal sebagai sastrawan yang konsisten menulis. Idealisme sebagai seorang sastrawan sosialis tertanam kuat di kepalanya yang keras bagai batu meski dengan itu dia terpaksa merengkuh segala bahaya. Di zamannya, dimana dia dianggap keliru memposisikan diri pada koordinat sejarah dan karenanya diberi label ‘komunis’, dia menelan resiko hidup mesti menyusuri lelorong sepi nestapa. Apa yang dia lakukan untuk melawan sepi nya?

Menulis.

salam kenal

Eko Nurhuda mengatakan...

Yup, Anda benar sekali. Dengan menulis kita dapat jauh lebih 'hidup', baik dalam artian 'hidup' karena punya sumber pendapatan :) ataupun 'hidup' sebagai manusia utuh yang 'mati meninggalkan gading'. Nyambung gak sih?

Salam,
Ecko

abuyahya mengatakan...

Sangat nyambung, mas Ecko ...*maksa*
/no1 deh, perjuangannya ...

Salam kenal, ya, Moesho, Daeng, dan Ecko...

About Me

Foto Saya
by : Razin
Twitter : www.twitter.com/RazinOnline Facebook : razinrzn
Lihat profil lengkapku

Bisnisku