05 Oktober 2007
Open Office.org

OpenOffice.org adalah sebuah paket aplikasi perkantoran berkode sumber terbuka (open source) yang dapat diperoleh secara gratis. Paket tersebut termasuk komponen-komponen pengolah kata (word processor), lembar kerja (spreadsheet), presentasi, ilustrasi vektor, dan gudang data (database). OpenOffice.org ditujukan sebagai saingan bagi Microsoft Office dan dapat dijalankan di atas berbagai platform, di antaranya Windows, Solaris, Linux, dan Mac OS X. OpenOffice mendukung standar dokumen terbuka untuk pertukaran data, dan dapat digunakan tanpa biaya.

OpenOffice.org dibuat berdasarkan kode dari StarOffice, sebuah office suite yang dikembangkan oleh StarDivision dan diakuisisi oleh Sun Microsystems pada Agustus 1999. Kode asal dari suite ini dilepas sebagai proyek sumber terbuka pada Juli 2000, dengan tujuan mendobrak dominasi pasar dari Microsoft Office dengan menyediakan pilihan yang berbiaya rendah, berkualitas tinggi, dan terbuka. Kode asal untuk suite aplikasi ini tersedia dibawah dua lisensi perangkat lunak yang berbeda: LGPL dan SISSl; dari versi 2.0, dia hanya tersedia di bawah LGPL.

Proyek dan perangkat lunak disebut sebagai "OpenOffice", tetapi pengatur proyek melaporkan bahwa istilah ini adalah sebuah merk dagang yang dipegang oleh kelompok lain, sehingga mengharuskan mereka mengambil "OpenOffice.org" sebagai nama resminya, dan juga disingkat OOo.



Kelompok OpenOffice.org :

OpenOffice.org adalah kumpulan aplikasi yang mendukung pemrosesan kata, presentasi, spreadsheet, gambar dan dokumen matematika kompleks. Kumpulan aplikasi ini adalah aplikasi open source yang sepadan dengan kumpulan aplikasi Microsoft Office. Untuk keterangan lebih lanjut, kunjungi situs OpenOffice.org.

Open Office Writer adalah program pengolah kata kaya fitur mirip dengan Microsoft Word yang dapat membuat dokumen sederhana hingga kompleks. Writer dapat membuka sebagian besar dokumen Microsoft Word dan dapat menyimpan dokumen dalam format .doc. OpenOffice.org Writer dapat dijalankan dari K-Menu->Office->OpenOffice.org Writer

OpenOffice.org Impress adalah pengganti yang sepadan untuk PowerPoint, dan menyediakan kemampuan untuk membuat lembaran presentasi. Kebanyakan berkas PowerPoint dapat dibuka dan disunting oleh Impress. OpenOffice.org Impress dapat dijalankan dari K-Menu->Office->OpenOffice.org Impress

OpenOffice.org Calc adalah program spreadsheet kaya fitur yang memiliki fungsi sama dengan Microsoft Excel. Modul yang mendukung banyak spreadsheet, fungsi yang terintegrasi dan dapat membaca kebanyakan dokumen Microsoft Excel. OpenOffice.org dapat dijalankan dari K-Menu->Office->OpenOffice.org Calc

OpenOffice.org Draw menyediakan beragam fungsi kompleks untuk membuat gambar, diagram, tabel, dan presentasi bisnis lainnya. Program ini berorientasi objek dan mengizinkan pelapisan berbagai bentuk pekerjaan. OpenOffice.org dapat dijalankan dari K-Menu->Office->OpenOffice.org Draw

OpenOffice.org Math memberikan pengguna kemampuan untuk membuat dan merancang dokumen berorientasi matematika. Ada fungsi khusus disini yang memberikan kemampuan pembuatan formula matematika dan tabel tatanama yang tidak mudah untuk dibuat dengan aplikasi Writer biasa. OpenOffice.org Math dapat dijalankan dari K-Menu->Office->OpenOffice.org Math

OpenOffice.org Base memberikan pengguna kemampuan untuk memanipulasi data database dalam OpenOffice.org, seperti Microsoft Access. OpenOffice.org dapat dijalankan dari K-Menu->Office->OpenOffice.org Base.




Writer
Untuk semua dokumen Anda


WRITER memiliki apa yang Anda harapkan dari sebuah pengolah kata atau publikasi desktop yang modern.

Paket ini cukup mudah untuk demo yang ringkas, cukup handal untuk membuat buku dengan isinya, diagram, index, dll. Anda bebas untuk berkonsentrasi pada pesan Anda - sementara WRITER membuatnya tampak hebat.

Panduan (Wizard) mengambil alih semua tugas-tugas penting dalam pembuatan dokumen standar seperti surat, fax, agenda, atau tugas-tugas lain yang lebih kompleks seperti mail merge. Anda juga bisa membuat template Anda sendiri.

Style dan Pemformatan memberikan kekuatan style sheet kepada setiap tangan pengguna.

Mengunci kesalahan pengetikan secara langsung dengan kamus AutoCorrect, yang dapat menguji penulisan ketika Anda mengetik.

Mengurangi pekerjaan penulisan dengan AutoComplete, yang memberikan saran tentang kata-kata dan frase umum untuk melengkapi apa yang sedang Anda ketik.

AutoFormat membereskan masalah pemformatan selama Anda menulis, membebaskan Anda untuk berkonsentrasi pada pesan Anda.

Text frame dan linking memberikan Anda kemampuan untuk mengatasi tugas publikasi desktop untuk surat kabar, flyer, dll. Meletakkan sesuai dengan keinginan Anda.

Meningkatkan kegunaan dari dokumen Anda yang panjang dan kompleks dengan menghasilkan daftar isi atau istilah-istilah yang diindex, referensi bibliografi, ilustrasi, tabel, dan obyek-obyek lain.

Email dokumen Anda - WRITER menawarkan koneksi langsung ke perangkat lunak email.

Membuat dokumen Anda dapat tersedia secara bebas di web dengan kemampuan WRITER untuk mengekspor ke format HTML, atau mempublikasikannya dalam format Portable Document Format (.pdf) untuk memastikan apa yang Anda tulis adalah apa yang dilihat oleh pembaca.

Simpan dokumen Anda dalam format OpenDocument, standar internasional baru untuk dokumen perkantoran. Format berbasis XML ini berarti Anda tidak terikat hanya pada WRITER. Anda bisa mengakses dokumen Anda dari sembarang perangkat lunak lain yang mendukung OpenDocument.

WRITER dapat membaca semua dokumen Microsoft Word Anda, atau menyimpan pekerjaan Anda pada format Microsoft Word untuk dikirimkan kepada orang-orang yang masih terkunci pada produk-produk Microsoft.

Impress
Kekuatan lebih besar pada presentasi Anda


IMPRESS adalah perangkat yang sungguh canggih untuk membuat presentasi multimedia yang efektif. Presentasi Anda akan tampak luar biasa dengan clip art 2D dan 3D, efek khusus, animasi, dan perangkat penggambar yang canggih.

Halaman Utama (Master Pages) mempermudah tugas mempersiapkan materi-materi Anda.

Sebuah jangkauan yang lengkap tentang Views sudah didukung: Drawing / Outline / Slides / Notes / Handouts untuk mencapai semua kebutuhan dari presenter dan pendengar, ditambah dengan sebuah tampilan multi-pane opsional untuk meletakkan semua dalam tanggan Anda.

IMPRESS memiliki perangkat penggambar dan diagram yang mudah untuk digunakan untuk memberikan nilai lebih pada presentasi Anda.

'Parkirkan' perangkat penggambar yang paling sering Anda gunakan disekitar layar Anda untuk akses yang lebih cepat.

Animasi dan Efek Slide show membuat presentasi Anda serasa hidup. Fontwork menyediakan gambar-gambar 2D dan 3D dari teks. Buat gambar-gambar 3D dengan cepat.

Simpan presentasi Anda dalam format OpenDocument, standar internasional baru untuk dokumen perkantoran. Format berbasis XML ini berarti Anda tidak terikat hanya pada IMPRESS. Anda bisa mengakses dokumen Anda dari sembarang perangkat lunak lain yang mendukung OpenDocument.

Tentu saja, Anda bebas untuk menggunakan presentasi Microsoft PowerPoint lama Anda, atau menyimpan pekerjaan Anda dalam format Excel sebelum mengirimkan kepada orang-orang yang masih terkunci pada produk-produk Microsoft. Alternatif lain, gunakan kemampuan built-in IMPRESS untuk membuat versi Flash (.swf) dari presentasi Anda.

Calc
Spreadsheet multi-fungsi


CALC adalah program spreadsheet yang Anda inginkan. Pendatang baru menganggapnya intuitif dan mudah untuk dipelajari; pengolah data profesional akan menghargai fungsi-fungsi tingkat lanjut yang komprehensif.

Teknologi DataPilot tingkat lanjut membuatnya mudah untuk mengambil data mentah dari basis data perusahaan; tabulasi silang, ringkasan, dan mengkonversinya menjadi informasi yang berarti.

Formula bahasa alami mengijinkan Anda membuat formula menggunakan kata-kata (contoh. "penjualan - pengeluaran").

Tombol Intelligent Sum menyisipkan fungsi penjumlahan atau subtotal secara otomatis, tergantung dari konteks.

Panduan (Wizards) membantu Anda dalam memilih dan menggunakan fungsi-fungsi spreadsheet tingkat lanjut.

Style dan Pemformatan membuatnya mudah untuk menerapkan opsi pemformatan sel yang fleksibel, termasuk merotasi isi, template, latar belakang, batas pinggir, dan banyak lagi. Anda bisa menjadi ahli dalam spreadsheet Anda sendiri berkat templates dengan fungsi yang built-in, mengijinkan Anda untuk berkonsentrasi pada pekerjaan nyata Anda.

Scenario Manager mengijinkan analisa "bagaimana jika ..." pada tingkat tombol - contoh. membandingkan profitabilitas untuk perkiraan penjualan tinggi / menengah / rendah.

Menyembunyikan atau menampilkan Tema Desain dengan klik tunggal - gunakan default CALC atau tambahkan milik Anda sendiri.

Simpan spreadsheets Anda dalam format OpenDocument, standar internasional baru untuk dokumen perkantoran. Format berbasis XML ini berarti Anda tidak terikat hanya pada CALC. Anda bisa mengakses dokumen Anda dari sembarang perangkat lunak lain yang mendukung OpenDocument.

Tentu saja, Anda bebas untuk menggunakan spreadsheet Microsoft Excel lama Anda, atau menyimpan pekerjaan Anda dalam format Excel sebelum mengirimkan kepada orang-orang yang masih terkunci pada produk-produk Microsoft. Jika apa yang mereka inginkan adalah hasil Anda, maka gunakan format Portable Document Format (.pdf) - tidak diperlukan untuk membeli perangkat lunak tambahan.

Base
Cara baru mengakses basis data


Baru pada Versi 2, BASE mengijinkan Anda untuk memanipulasi data basis data didalam OpenOffice.org. Membuat dan memodifikasi tabel, form, query, dan laporan, entah menggunakan basis data Anda sendiri atau mesin basis data BASE, yaitu HSQL. BASE menawarkan pilihan menggunakan Panduan, Design View, atau SQL View untuk pengguna pemula, menengah, dan tingkat lanjut.

Mengelola data Anda

Dengan BASE, Anda bisa:
Membuat tabel-tabel baru untuk data Anda - dan juga mengubahnya sesuai perubahan kebutuhan Anda.

Mengelola index pada tabel untuk membuat akses data Anda lebih cepat
Melihat sebuah tabel dalam grid yang dapat diedit dan menambah, mengubah, dan menghapus record-record.

Gunakan Report Wizard untuk menghasilkan laporan yang mengesankan dari data Anda.

Gunakan Form Wizard untuk membuat aplikasi basis data 'instan'
Menggunakan data Anda.

Menggunakan BASE, Anda tidak hanya bisa menjelajai data Anda, tetapi juga:
Melakukan pengurutan tunggal (satu kolom) atau kompleks (multi-kolom).

Melihat sebagian dari data Anda dengan filter tunggal (satu klik) atau kompleks (query logika).

Membuat query yang canggih untuk menampilkan data Anda dalam cara-cara baru, termasuk ringkasan dan multi-tabel.

Menghasilkan laporan dalam berbagai format menggunakan Report AutoPilot.



Catatan teknis

BASE menyertakan versi penuh dari mesin basis data HSQL, menyimpan data dalam file XML. Paket ini juga dapat mengakses file dBASE secara native untuk pekerjaan basis data sederhana.

Untuk kebutuhan yang lebih besar, BASE mendukung berbagai basis data yang populer secara native (Adabas D, ADO, Microsoft Access, MySQL), atau sembarang basis data melalui driver standar industri ODBC dan JDBC. Ia juga mendukung buku alamat yang sesuai standar LDAP, juga format-format umum, seperti Microsoft Outlook, Microsoft Windows, dan Mozilla.

Math
Buat rumus dan formula untuk dokumen Anda


MATH adalah komponen OpenOffice.org untuk rumus matematika. Paket ini paling sering digunakan sebagai editor rumus untuk dokumen teks, tetapi juga dapat digunakan dengan berbagai jenis dokumen yang lain atau secara mandiri. Ketika digunakan didalam WRITER, rumus dianggap sebagai sebuah obyek didalam dokumen teks. Hal yang sama, seseorang dapat menyisipkan obyek ini kedalam program OpenOffice.org lainnya, seperti CALC dan IMPRESS.

Menggunakan MATH, terdapat tiga cara utama untuk memasukkan sebuah formula:
Menulis markup pada editor rumus.


Draw
Paket grafis handal


DRAW - dari sketsa hingga rancangan yang kompleks, DRAW memberikan Anda sebuah perangkat untuk berkomunikasi dengan grafis dan diagram.

'Parkirkan' perangkat penggambar yang paling sering Anda gunakan disekitar layar Anda untuk akses yang lebih cepat.

Gunakan Style dan Pemformatan untuk meletakkan semua style grafis Anda pada tanggan Anda.

Memanipulasi obyek, merotasi dalam dua atau tiga dimensi; pengendali 3D meletakan lingkaran, tabung, dll sesuai keputusan Anda.

Mengelola obyek: mengelompokkan, memisahkan, menggabungkan, dan mengedit obyek selama dikelompokkan. Proses rendering yang kompleks mengijinkan Anda membuat gambar yang realistis dengan tekstur milik Anda sendiri, efek cahaya, transparansi, perspektif, dan sebagainya.

Smart connectors mempercepat pembuatan diagram alur, bagan organisasi, diagram jaringan, dll. Definisikan 'titik temu' organisasi Anda.

Dimension lines secara otomatis mengkalkulasi dan menampilkan dimensi linier ketika Anda menggambar.

Gunakan gambar-gambar Gallery untuk clipart; buat seni Anda sendiri dan tambahkan kedalam Gallery.

Simpan gambar Anda dalam format OpenDocument, standar internasional baru untuk dokumen perkantoran. Format berbasis XML ini berarti Anda tidak terikat hanya pada DRAW. Anda bisa mengakses dokumen Anda dari sembarang perangkat lunak lain yang mendukung OpenDocument.

Import graphis dari semua format umum (termasuk BMP, GIF, JPEG, PNG, TIFF, and WMF).

Gunakan kemampuan gratis DRAW untuk membuat kemampuan untuk membuat versi Flash (.swf) dari pekerjaan Anda.

Klik kanan editor rumus dan pilih simbol dari menu konteks.
Pilih simbol dari toolbox Selection.

Comentar : "Menggunakan Open Office.org pada dasarnya sama halnya dengan menggunakan Microsoft Office, hanya saja untuk OO (open Office) ini adalah aplikasi gratis yang dibuat oleh masyarakat Open source dengan menggunakan Licensi LGPL dan fitur-fitur yang ada di OO tidak kalah menarik dan lengkap dari yang ada di Microsoft Office. Maka dari itu buruan download software ini. Dijamin gak rugi dech...."

Di copy-paste dengan sedikit penambahan dari www.openoffice.org

0 komentar:

About Me

Foto Saya
by : Razin
Twitter : www.twitter.com/RazinOnline Facebook : razinrzn
Lihat profil lengkapku

Bisnisku